Saturday, December 18, 2010

10 SUNGAI TERNAMA DI DUNIA

HBA





1. Sungai Yangtze-China
Sungai Yangtze merupakan jantung bumi bagi China. Penduduk China menjuluki Sungai Yangtze “Naga Raksasa”
Seorang bapak modern China, Dr Sun Yat-sen, mencetuskan mimpi menjinakkan sungai di sekitar Three Gorges (Tiga Ngarai) sekaligus memanfaatkan Yangtze untuk pembangkit tenaga listrik pertama .Gagasan Sun Yat-sen membendung Sungai Yangtze, dimaksudkan untuk mengendalikan air bah Sungai Yangtze sehingga banjir tahunan dicegah, dikendalikan.

Keamanan pelayaran dan memberi tenaga listrik serta mengalirkan air terkendali kepada China bagian utara yang setiap tahun kekurangan air-Chang-jiang artinya Sungai Panjang, sebutan akrab penduduk sepanjang Yangtze, membelah secara historis geografis 6. 300 kilometer dari sumber sungai gunung salju Geladandong, daerah otonomi Tibet, hingga Kota Shanghai, China, menjadi bagian utara dan selatan.
Tidak keliru apabila proyek ambisius bendungan terbesar di dunia ini merupakan mahakarya insinyur China. Apalagi mengingat dana pembangunannya, 90 persen dibiayai sendiri oleh China.

Three Gorges (tiga lembah), yang mengisyaratkan pada nama tiga lembah (Qutang, Wuxia dan Xiling) yang menjadi reservoir bendungan ini, memang betul-betul raksasa.

Pembangunannya harus memindahkan 1,3 juta penduduk, mengeruk sekitar 134 juta meter kubik tanah, membutuhkan 28 juta meter kubik beton dan 463 ribu ton baja, setara baja yang dibutuhkan untuk membangun 63 menara Eiffel. Panjang reservoir bendungan mencapai 600 km dan dapat menampung 39,3 km kubik air sungai Yangtze.

Total kapasitas pembangkit listrik mencapai 22.500 MW yang dapat mensuplai listrik sekitar 84,7 TWh.
Bendungan ini memiliki 5-flight shiplocks yang dapat menampung enam kapal bobot 10.000 ton dan sebuah one-step vertical shiplift yang mampu menampung kapal 3.000 ton dari permukaan 62 meter ke permukaan 175 meter air bendungan dalam waktu cepat. Kapal kemudian melanjutkan pelayaran ke Chongqing, lebih cepat daripada shiplocks yang memakan waktu empat sampai lima jam.

2. Sungai Mekong-Arteri Asia Tenggara
Mekong adalah salah satu sungai utama di dunia. Dia merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, dan ke-10 terbesar dalam volume (melepas 475km³ air setiap tahunnya), dia mengisi wilayah seluas 795.000 km² dari Tibet dia mengalir melalui Cina provinsi Yunnan, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Semua kecuali China dan Myanmar masuk kedalam Komisi Sungai Mekong. Karena variasi musim yang sangat berbeda dalam aliran dan adanya "rapid" dan air terjun membuat navigasi sangat sulit. dan sungai Mekong ini tidak terlepas dari sejarah bangsa-bangsa terutama di kawasan Asia Tenggara.

3. Sungai Gangga-India
Gangga ialah sungai di India Utara dan oleh pejabat dan menurut pemerintahan India sebagai sungai nasional Bharat. Dalam Hinduisme, Gangga juga disembah sebagai dewi.Sungai ini adalah sungai suci bagi yang beragama hindu.

Sungai Gangga merupakan perairan ekonomis penting di india Tapi ini lebih dikenal untuk signifikansi keagamaannya. Kota Varanasi, di tepi sungai, diperkirakan menjadi kota paling penting dalam agama Hindu. Banyak yang percaya bahwa kehidupan mereka tidak lengkap kecuali mereka mandi di Sungai Gangga setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka, karena akan membersihkan jiwa dari semua dosa.

4. Sungai Volga dan Sungai Lena-Eropa dan Rusia
Volga adalah sungai terpanjang di Eropa. Sungai ini mengalir ke bagian barat Rusia, dan secara luas dipandang sebagai sungai nasional Rusia. Sebelas dari dua puluh kota terbesar Rusia, termasuk ibukotanya, Moskwa, terletak di tepi sungai Volga.
Sungai Lena merupakan sungai terbesar ke-10 di dunia. Sungai ini terletak di Siberia. Panjangnya 4 .400 km (2.734 mil). Sungai ini bermuara dari Laut Arktik hingga Gunung Baikal.

5. Sungai Danube-Eropa
Sungai ini adalah satu-satunya sungai Eropa yang besar yang mengalir dari barat ke timur. Sumbernya berada di Jerman di Hutan Hitam (Schwarzwald). Panjang sungai ini adalah sekitar 2.850 km, menuju Laut Hitam di Rumania, terletak di delta Donau.

Karena cukup lebar dan dalam, Sungai Donau dipakai untuk lalu-lintas kapal barang yang penting. Di bagian hulu, di wilayah Jerman, telah dibangun terusan yang menghubungkannya dengan Sungai Rhein melalui Sungai Main.

Secara keseluruhan terdapat sepuluh negara yang dilaluinya: Austria, Bulgaria, Kroasia, Jerman, Hongaria, Moldavia, Slowakia, Rum ania, Ukraina, Serbia dan Montenegro, dan memiliki anak sungai di tujuh negara lainnya

6.Sungai Amazon dan Rio Uruguay -Amerika Selatan
Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia.Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai. Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap "terkuat" (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik).

J umlah air tawar yang dilepas ke Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan. Aliran Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.

Sungai utamanya (biasanya memiliki lebar satu sampai enam mil) dapat dilalui untuk kapal uap samudra besar sampai Manaus, hampir 800 mil ke hulu sungai dari mulutnya.
Sungai Uruguay ( Spanyol : Río Uruguay) sungai di amerika selatan menggunakan ekonomi utama adalah generasi dari pembangkit listrik tenaga air dan ini dibendung dalam porsi yang lebih rendah oleh Salto Grande Dam dan oleh Ita Dam hulu di Brasil.

7. Sungai Nil, Sungai Niger, dan Sungai Senegal-Afrika
Sungai Nil adalah arteri transportasi utama di timur laut Afrika. Selain itu, strip subur yang ada sepanjang tepi merupakan beberapa tanah pertanian hanya mampu di wilayah tersebut.
Sungai Niger adalah sumber penting air di padang pasir Afrika Utara. Sungai membentang di bagian barat benua dan merupakan cara termudah untuk melakukan perjalanan melalui daerah tersebut.

Sungai Senegal penting untuk alasan yang sama seperti dua sungai lainnya di atas Afrika Utara. Mali, Guinea, Mauritania dan Senegal telah bergabung untuk menciptakan sebuah organisasi yang mengawasi dan peduli untuk daerah aliran sungai yang mengalir melalui semua empat negara.

8. Sungai Mississippi-Amerika Serikat
Sungai Mississippi ialah sungai di Amerika Serikat. Merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Memiliki panjang 3,734 km (2,320 mi) dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko.Mississippi telah menjadi luar biasa penting dalam sejarah AS. Saat pertama kali AS menjadi negara, Sungai Mississippi merupakan perbatasan barat AS. Dalam sejarah AS, Mississippi telah menjadi sangat penting untuk pengangkutan dengan air.

9. Sungai Rio Grande -Amerika Serikat
Rio Grande (dikenal di Meksiko sebagai Río Bravo del Norte, atau hanya Río Bravo) adalah sebuah sungai yang merupakan bagian dari Meksiko - Amerika Serikat perbatasan .merupakan sungai terpanjang keempat sistem di Amerika Utara. [1] Ini berfungsi sebagai batas alam antara negara bagian AS dari Texas dan Meksiko negara bagian Chihuahua , Coahuila , Nuevo León , dan Tamaulipas.

10. Sungai Murray-Australia

Sungai Murray (Sungai Murray di Australia Selatan) adalah sungai terpanjang Australia.Sungai Murray (dan anak sungai yang terkait) mendukung berbagai kehidupan sungai yang unik disesuaikan dengan liku-liku nya.Sungai Murray (dan anak sungai yang terkait) mendukung berbagai kehidupan sungai yang unik disesuaikan dengan liku-liku nya.Ini mencakup berbagai ikan asli seperti yang terkenal Murray cod , cod trout.

KETIKA ORANG DUBAI BUANG MOBIL HARGANYA ADA YANG 300 JUTA

JAMBI EKSPRES:






BMW,Porshe,Ferari,Bentley,Lambhorgini,Mercy



versi anyar nya.




honda city


Rolls-royce



honda accord



pemilik mercy S-class ini sampe gak punya waktu, buat ngejual mobil yang harga barunya di indonesia sampe 3 milyar.
bekasnya masa 200-300 juta aja gk laku.



BMW 3 series




ferari F40, di indonesia hanya beberapa yang punya


bentuk yang masih gress



daeler mobil mewah bekas.
selalu kebanjiran order dan juga harga yang super diskon..

Rahasia Sulap dan Disatukan Lagi, Dipisahkan

JAMBI EKSPRES:
Rahasia Sulap
dan Disatukan Lagi,
Dipisahkan
rahasia sulap tubuh dipotong dan disatukan lagi
Trik Sulap David Copperfield: Tubuhnya Dibelah dengan gergaji trik sulap manusia digergaji trik sulap manusia dipotong menjadi dua

BeritaMaya.wordpress.com -
Benarkah David Copperfield adalah seorang pemuja iblis? Benarkah dia adalah seorang penyihir yang berkerja sama dengan setan? Benarkah pertunjukannya terbebas dari trik?
Benarkah tubuhnya pernah dipotong dengan gergaji, lalu dipisahkan, dan dapat disatukan lagi? Mari kita bahas permainannya yang satu ini.


deathsaw01

Seandainya dia langsung tengkurap (di atas meja/papan tipis), lalu tubuhnya dipotong (sampai berdarah-darah), dan dipisahkan (masih tetap hidup), baru kemudian disatukan lagi, lalu dia langsung berdiri, maka…. ini pasti sihir!
Tapi, jika proses tengkurap (sebelum dipotong)
harus ditutupi
dulu, tengkurapnya di atas meja yang tebal , ketika dipotong juga tidak berdarah, dan proses menyatukan tubuh juga harus ditutupi dulu…. maka sudah pasti ini bukan sihir!

harus-ditutupi-dulu

Bagian tepi meja memang kelihatan tipis, tapi apakah bagian tengahnya juga setipis itu? ( kamera agak ke atas )

death-tebal2



mejanya-tebal-sekali



mejanya-tebal-sekali2


Lihatlah gambar-gambar ini, gambar yang diambil pada detik-detik ketika kamera memperlihatkan ketebalan meja itu.

beritamaya-bukan-sihir

Lalu, apa maksud dari ketebalan-ketebalan tersebut? Coba perhatikan gambar di bawah ini.


beritamaya-bukan-sihir2
Sebelum dipotong, tubuhnya ditutupi dulu. Sebelum menyatu, tubuhnya juga ditutupi dulu. Di situlah letak rahasianya!

KITAB PEGANGAN DAVID COPPERFIELD SULAP

JAMBI EKSPRES:
1. Aksi David Copperfield Gergaji tubuh sampai putus Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa Dimainkan oleh David Copperfield, aksi gergaji maut ini seolah-olah mengisahkan upaya meloloskan diri yang gagal.
Sang pemain diikat terbaring di sebuah meja sementara diatasnya terpasang gergaji bulat besar yang dapat diturunnaikkan. Setelah diikiat dengan pelbagai borgol dan belenggu, si pemain ditutup dalam sebuah kotak. Gergaji lalu berputar dan turun pelan-pelan mendekati kotak. Beberapa saat kemudian salah satu sisi kotak jatuh terbuka memperlihatkan si pemain berkutat untuk membebaskan diri dari belenggu-belenggu. Tapi sebelum dia berhasil meloloskan diri, gergaji sudah turun menembus dan memotong kotak. Pisau gergaji lalu memotong putus tubuh si pemain beserta mejanya. Kedua potongan meja lalu digeser saling menjauh hingga tubuh si pemain terlihat jelas menjadi dua potongan terpisah. Lalu nampak si pemain memerintahkan agar dilakukan proses sebaliknya. Kedua potongan tubuh dan menjanya ditempelkan jadi satu lagi, gergaji diangkat naik dan kotak menyatu lagi. Klimaksnya si pemain muncul keluar dari kotak tanpa cedera sedikit pun.

2. Dibekukan Dalam Es Selama Lebih Dari 60 Jam Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa

Pada tanggal 27 Nobember 2000, Blaine melakukan suatu aksi yang dinamai “Beku Dalam Waktu”, dan diliput khusus oleh TV. Blaine berdiri terhimpit dalam blok es padat di lapangan Times Square, New York City. Balok esnya transparan dan ditaruh di sebuah panggung kecil hingga terlihat dia memang berada di dalamnya terus selama pertunjukkan. Ia Cuma berpakaian sedikit dan tampak sudah menggigil bahkan sebelum bongkahan-bongkahan es dipasang rapat di sekeliling dirinya. Ia bernapas dan minum melalui sebuah selang dan satu selang lagi dipasang untuk buang air kecil. Ia bertahan disekap dalam balok es itu selama 63 jam, 42 menit dan 15 detik sebelum akhirnya balok es dibongkar dengan gergaji mesin. Ketika dikeluarkan dari balok es itu, ia nampak ling lung dan kehilangan orientasi. Ia segera diselimuti dan cepat-cepat dibawa ke rumah sakit karena dokter takut tubuhnya mungkin mengalami goncangan berat.
Dalam dokumentasi yang direkam setelah peristiwa aksi ini, Blaine bercerita bahwa “perlu waktu satu bulan” sebelum ia mampu berjalan normal lagi dan ia tak sudi lagi melakukan aksi seperti itu. Di subuh hari tanggal 1 Januari 2010, rekor Blaine tersebut dipecahkan oleh seorang pemain dari Israel, Hezi Dayan yang berhasil bertahan dalam balok es selama 64 jam.

3. Berjalan Di Atas Air

Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa Seorang Illusionist bernama Criss Angel, berjalan di atas air sebuah kolam renang disaksikan sekelompok kecil orang.

Video Sulap Berjalan di Atas Air
4. Bertahan Di Semprot Api Yang Panasnya Lebih Dari 2000 Derajat

Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa

Dalam aksi ini, pesulap David Copperfield mencoba bertahan terhadap semprotan api besar yang suhunya lebih dari 2000 derajat selama kurang dari satu detik. Video Bertahan Di Semprot Api

5. Menghilangkan Patung Liberty

Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa

Di tahun 1983 Jim Steinmeyer dan Don Wayne menciptakan pertunjukkan untuk TV dimana seolah-olah patung kemerdekaan bisa dilenyapkan, tapi itu belum sempat disiarkan. David Copperfield mengambilalihnya dalam sebuah pertunjukkan ilusi. Ia memerintahkan sebuah tirai raksasa dikerek naik menutupi pandangan ke arah pulau Liberty dimana patung berada, lalu beberapa detik kemudian tirai diturunkan dan terlihat tempat dimana tadinya patung berdiri sekarang kosong, sebuah helikopter melayang diatasnya merekam ilusi itu dari udara, dan memang patungnya seolah-olah hilang lenyap dan yang tinggal hanya lingkaran cahaya yang mengelilingi patung tersebut. Untuk membuktikan bahwa patung itu benar-benar tidak ada lagi di tempatnya, Copperfield menyorotkan 2 lampu sorot melewati tempat itu dan nyatanya sinar lampu tidak terhalang apa pun. Sekelompok penonton menyaksikan itu semua dari suatu tempat khusus yang tertutup dan kebanyakan kameranya merekam dari tempat itu juga.

Video Menghilangkan Patung Liberty

6. Melayang Di Atas Grand Canyon

Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa
Dalam pertunjukkan spesial TV-nya yang ke-6, David Copperfield melayang di atas Grand Canyon, judulnya: ”Mujizat ke VI David Copperfield : Melayang Di Atas Grand Canyon.” Tidak ada efek spesial TV atau tirai hijau digunakan dalam pertunjukkan itu dan juga tak mungkin sebab pada tahun 1984 teknologi untuk itu belum ada, tidak seperti sekarang.

7. Mencabut Gigi Depan Sembarang Gadis Penonton

Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa

David Blaine dalam pertunjukkan spesialnya : ”Ditenggelamkan Hidup-Hidup”, sempat mempertontonkan trik sebagai berikut : ia memasukkan jari-jarinya ke mulut seorang gadis penonton dan mencabut lepas dua buah gigi si gadis. Si gadis berteriak-teriak dan menjilat-jilatkan lidahnya ke lubang gusi yang sudah tak ada giginya itu. Blaine lalu memasukkan gigi gadis itu ke dalam mulutnya sendiri lalu meludahkannya menancap kembali ke tempat semula di gusi gadis tersebut.

Video Mencabut Gigi Depan Sembarang Gadis Penonton

8. Menelan Mata Bor Beton (Jack Hammer)

Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa

Menelan pedang sudah cukup menakjubkan tapi bagaimana dengan menelan bulat bor beton yang mesinnya dihidupkan. Dan Thomas Black Thorne benar-benar sanggup melakukannya. Dalam sebuah pertunjukkan TV ia menelan sebuah bor beton yang mesinnya dijalankan, dan itu memang kemampuan khasnya. Ini disiarkan langsung dalam pertunjukkan TV Jerman.

Video Menelan Mata Bor Beton (Jack Hammer)

9. Dikubur Hidup-Hidup

Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa Pesulap Criss diborgol lalu dimasukkan ke sebuah peti mati yang kemudian dikubur di dalam tanah sedalam 6 kaki (180cm), tapi dia berhasil lepas keluar.
Video Sulap Dikubur Hidup-Hidup

10. Dua Orang Serentak Menangkap Peluru Yang Ditembakkan

Video 10 Trik Sulap Terhebat Sepanjang Masa

Menangkap peluru sungguh suatu ilusi yang menakjubkan dimana si pesulap menangkap peluru yang ditembakkan langsung mengarah kepadanya. Dalam pertunjukkan ini digunakan sebuah senapan yang diisi dan dioperasikan oleh seseorang yang paham akan senjata api hingga diyakini tak ada akal-akalan disitu. Seringkali pula pelurunya diberi tanda oleh salah seorang penonton agar nanti dapat dikenali kembali. Diupayakan benar-benar agar jelas terlihat si orang yang menembakkan senapan tidak bersentuhan dengan orang yang menangkap peluru, keduanya berdiri terpisah sejak semula. Sewaktu pesulap Penn dan Teller melakukan pertunjukkan menangkap peluru, di mana masing-masing serentak menangkap peluru yang saling ditembakkan oleh keduanya, sebuah garis sengaja ditarik melintang di tengah panggung untuk menandai tak seorang pun dari keduanya menyeberang ke sisi yang lain. Agar makin tegang dan dramatis, senapan-senapan yang dipakai di pertunjukkan itu sengaja dipasangi teropong laser.

Seperti yang saya katakan dalam postingan sebelumnya.Sulap itu "ONLY TRICK" .Begitu juga sulap si David Copperfield.Oleh karena itu, berpikirlah dengan logika kita (Dengan IQ dibawah 100 pun saya tidak menyerah untuk terus berpikir). Kecuali,kalau si David Coperfield berani memotong setengah bagian kepalanya saja (Seperti membuka penutup kaleng) dan kemudian otaknya di jus lalu di minum oleh dirinya sendiri,itu baru bukan sulap.Lihatlah gambar dibawah ini:





Gambar diatas adalah keadaan sesudah pemotongan itu terjadi.Sulap diatas hanya mebutuhkan kasur tempat tidur si David dan Sedikit kelenturan badan (Kayak pelajaran Olahraga aja nih....).Sulap di atas pastinya dilakukan oleh 2 orang.Perhatikan dan fokus pada garis merahnya,dan bayangkan orang yang satu lagi itu dalam posisi tengkurep dengan posisi badan melipat.Berarti orang yang satu lagi lebih lentur daripada si David Copperfield (Asistennya pinter akrobat kale...).Dan setelah itu di kemaslah pertunjukan sulap itu dengan teknologi yang canggih,yang memberikan efek yang besar untuk mengelabui mata dan pikiran kita.Ini sedikit kalimat terakhir dari saya

Banyak orang yang bilang kalau sulap itu pakai bantuan jin.Pandangan mereka salah ,karena hanyalah orang awam yang punya pikiran seperti itu.Semua jens sulap itu cuma trik dan di butuhkan latihan dan keterampilan untuk melakukan trik itu.Pikir saja dengan logika seperti acara The Master yang motonya "

mencari bintang tanpa mantra" ,itu artinya semua sulap itu baik yang di mainkan limbad,joe sandi,dan deddy corbuzier hanyalah trik.Contoh pesulap terkenal David Copperfield,semua sulap yang dilakukan hanyalah trik belaka








Ketiga sulap di atas hanyalah trik dan bukan jin.Mereka para pesulap menggunakan otak dan ketrampilan mereka sehingga seolah-olah tampak seperti menggunakan jin.Kalo ngomongin soal ilmu yang memakai jin,di Indonesia lebih banyak.Buktinya mengapa orang Indonesia dapat mengimbangi senjata orang luar pada zaman penjajahan.Itu karena orang Indonesia Punya ilmu sakti mandraguna.Tetapi orang yang punya ilmu seperti itu di Indonesia sudah jarang.

David Copperfield adalah ilusionis tersohor dunia asal AS. Pertunjukannya yang spektakuler, seperti melenyapkan Patung Liberty dan menembus Tembok Besar China membuat kagum banyak orang. Kebanyakan orang merasa kemahiran David adalah sulap sesungguhnya. Akan tetapi pada 2001, sebuah laporan mengenai David telah mengubah penilaian saya mengenai kemampuan sulapnya.
17 Oktober 2001, harian Detroit Free Press memuat berita pertunjukan David yang agak berbeda. 27 Februari 2001, David menebak hasil pengocokan Lotto (undian lotere paling populer di Jerman) yang akan dilangsungkan pada Oktober, dan secara rahasia menuliskan 7 angka dan menyimpannya bersama dengan notarisasi, digembok serta dijaga ketat siang-malam.
13 Oktober 2001, 1 jam setelah pengumuman hasil Lotto, salah satu stasiun TV Jerman membuka kotak yang telah disegel selama tujuh bulan dengan disaksikan penonton. Hasilnya 7 angka yang ditulis David persis dengan nomor pemenang Lotto! Setelah peristiwa itu, David menerima banyak sekali surat masuk, kebanyakan minta diajarkan teknik bagaimana menebak Lotto dengan tepat.
Tidak seperti biasanya, kali ini David mengatakan dengan tegas bahwa ini bukanlah trik, melainkan sebuah tes kemampuan terpendam otak manusia. Ia menambahkan pada umumnya orang hanya mampu menggunakan sekitar 10% kemampuan otak. Selain itu ia juga mengatakan kalau dirinya sama sekali tidak pernah membeli lotere. David juga pernah menebak lotere untuk temannya, namun semuanya kalah. Sehingga akhirnya ia berkesimpulan bahwa agar bisa berhasil, jawaban tebakan tidak boleh dibocorkan kepada siapapun. Dengan lain kata, ilmu supranatural tidak bisa dipakai untuk mencari kekayaan.
David memang menganggap dirinya sebagai ilusionis. Kepada orang lain ia hanya mengatakan itu sekedar “trik”, dengan menggunakan kemahirannya ia melakukan pentas, mencari keuntungan dan nama, dan ini wajar-wajar saja sebagai permainan seorang ilusionis. Lama kelamaan, orang-orang menganggap seluruh pertunjuk-an David hanyalah trik atau kecepatan tangan belaka. Sehingga di kala ia mengatakan dirinya memiliki kemampuan supranatural, orang-orang menertawainya.
Yang ingin disampaikan dalam artikel ini bukanlah ilmu sulap David, melainkan cuplikan cerita mengenai fenomena misteri yang tercatat di dalam sebuah karya besar ilmiah China kuno yakni Meng Xi Bi Tan (Obrolan dari Taman Mengxi).
Penilaian kalangan intelektual China terhadap Meng Xi Bi Tan sangat tinggi, antara lain taraf popularitasnya paling tinggi, pengaruhnya paling besar, penyebarannya paling luas dan karya gemilang ilmu pengetahuan kuno negeri China yang merupakan sebuah warisan berharga di dalam sejarah iptek dunia. Tetapi, jika membandingkan opini para cendekiawan moderen terhadap teks asli Meng Xi Bi Tan, sudah pasti ditebak, semuanya tanpa kecuali menghindar untuk membahas fenomena misteri tersebut.

Masyarakat zaman moderen umumnya tidak akan menanggapi penelitian fenomena misteri ini, menganggapnya sesuatu yang “mustahil”, mengecamnya sebagai “pendusta” dan mencapnya dengan stigma “takhayul”. Di dalam masyarakat riil memang terdapat juga penipuan dalam masalah tersebut. Barangkali popularitas Shen Kuo (sang penulis Meng Xi Bi Tan, 1031-1095, cendekiawan multi bakat di zaman Dinasti Song Utara) dapat membantu kita mengabaikan “cemooh” itu dan secara langsung merenungkan fenomena misteri dan metode ilmu pengetahuan yang menggunakan cara tidak lazim ini.
Sebetulnya kemampuan “mengetahui sebelumnya” sejenis ini banyak tersiar luas dari zaman dulu hingga sekarang. Di bawah ini adalah sebuah kisah tentang dapat mengetahui masa yang akan datang melalui sebuah mimpi yang tercatat di dalam kitab Meng Xi Bi Tan.
Indera keenam dan clairvoyance (kemampuan mata ketiga)
Di Shan Yang terdapat seorang perempuan penyihir yang memiliki ilmu tinggi. Tuan Bai dan saya pernah memanggilnya untuk berdiskusi. Asalkan berupa materi yang berasal dari dunia fana, apabila Anda menyuruh dia menebak, meski berapa pun jauhnya, dia pasti bisa menjawab. Ia tampaknya langsung tahu begitu hari orang lain tergerak.
Suatu saat seorang tamu sedang bermain catur-China, ia meraup beberapa biji anak catur hitam dan putih di dalam tangannya dan menanyakan berapa jumlah anak catur yang ada dalam genggamannya, perempuan itu dapat menebaknya dengan luar biasa tepat. Merasa ragu, maka diulanginya lagi, meraup sejumlah pion secara sembarangan tapi kali ini ia tidak mengetahui berapa jumlah pion di tangannya.

Ternyata si penyihir bisa mengetahui apa yang isi hati orang lain, namun jika hatinya kosong, maka ia tak dapat mendeteksinya. Saat ditanya benda apa saja yang berada di dalam peti, ia bisa menjawab dengan tepat. Di saat itu Tuan Bai kebetulan memiliki ratusan jilid “Sutra Intan” yang ditaruh di dalam peti besar. Ia menunjuk peti tersebut dan bertanya, “Apakah isi di dalamnya?”
Ia menjawab, “Peti ini kosong.”
Tuan Bai berkata lagi, “Di dalam peti itu terdapat ratusan jilid sutra (kitab suci agama Budha), bagaimana bisa dikatakan kosong?”
Si perempuan penyihir itu terdiam lama dan berkata, “Jangan membohongiku, peti ini kosong!”
Kelihatannya, sutra Budha sungguh berbeda, bukan merupakan benda seperti didunia manusia ini.

Api Naga tunjukkan keperkasaannya
Pejabat Li Shun sekeluarga pernah tersambar petir, terlihat cahaya api melompat keluar dari jendela bagian barat rumah dan melewati atap rumah, orang-orang panik dan berhamburan keluar rumah. Ketika petir reda, kondisi rumah masih baik-baik saja hanya kertas jendela (sebelum kaca ditemukan, jendela di China dan Jepang menggunakan kertas buram untuk pencahayaan) yang hangus.
Ada sebuah rak kayu untuk menyimpan beraneka ragam barang seperti peralatan perak, lelehan peraknya sampai meluber ke atas lantai, tetapi kaleng berisi cat tidak terdapat bekas terbakar. Sebilah pedang pusaka yang sangat tajam, telah meleleh di dalam sarungnya, namun sarung (bukan metal) tersebut tak rusak sedikit pun.
Semua orang beranggapan semestinya logam terbakar setelah tanaman dan pohon terbakar lebih dulu, namun sekarang ini malah logam yang terbakar lebih dulu, sedang tanaman di sekitarnya sedikit pun tidak ikut terbakar. Di dalam sutera Budha dikatakan, “Api yang berasal dari naga bila menjumpai air malah semakin menjadi, api dari manusia bila menjumpai air lantas padam.” Ternyata memang begitu.
Manusia hanya mampu mendeteksi hal-hal di dalam taraf (dimensi) yang diketahuinya, padahal jauh di luar sana, masih terdapat bumi dan langit (serta ruang dimensi) tak terhingga yang banyak dan luas. Maka asal usul segala hal yang terjadi akan menjadi mustahil apabila umat manusia selalu mengukurnya dengan menggunakan kecerdasan dan wawasannya yang terbatas.
Ramalan akurat
Alkisah di sekitar daerah perbatasan Provinsi Jiangxi dan Zhejiang ada seorang pejabat bernama Zheng Yifu. Sejak menjadi taruna ia dikagumi banyak orang. Ketika ia menjabat di Kota Gao You, menjumpai seorang peramal hebat yang dapat meramal tahun dan akhir kematian seseorang dengan tepat. Zheng Yifu minta diramal, dan ia langsung frustasi setelah peramal tersebut mengatakan hidupnya hanya sampai usia 35 tahun.
Beberapa teman berusaha menghiburnya dan menganjurkannya untuk mempelajari kitab-kitab Lao Zi (penemu ajaran Taoisme) atau Zhuang Zi (filsuf China kuno 2.500 tahun lalu).
Ia lalu mendengar kisah seorang biksu yang meninggal dalam posisi duduk saat sedang bersenda-gurau dengan beberapa temannya. Usai mendengar kisah itu, sambil menghela nafas ia berkata, “Saya tidak akan berumur panjang, jika bisa meniru apa yang dilakukan biksu tersebut, maka tak ada lagi yang saya sesali.”
Tepat 10 hari sebelum hari H, ia berkeliling mengujungi dan berpamitan dengan sanak saudara serta kerabatnya. Tepat di hari H tersebut, ia mandi dan berbusana rapi, menuju ke sebuah gazebo di luar rumah, menyuruh orang menyapu gazebo tersebut dan menyalakan lilin serta dupa sembahyang.
David Copperfield

Saat sedang melakukan persiapan, ia mendadak mati. Para penduduk dan pejabat kota datang mengerumuni rumahnya pasca kejadian itu. Berita itu langsung menyebar di seluruh penjuru kota. Penulis Meng Xi Bi Tan, Shen Kuo mengatakan bahwa Zheng Yifu masih terhitung kerabatnya, maka tidak mengherankan ia bisa menceritakannya dengan rinci.
Mungkin ramalan lotere David Copperfield bukan sulap melainkan semacam kemampuan melihat masa depan?
0 komentar

No comments:

Post a Comment