Friday, January 7, 2011

INDOSAT AJAK ITB KEMBANGKAN APLIKASI MOBILE

HBA

Sabtu, 8 Januari 2011 09:38 WIB
Bandung

Operator selular PT Indosat menggandeng Institut Teknologi Bandung mengembangkan aplikasi mobile untuk memacu inovasi di kalangan generasi muda sekaligus memunculkan ahli-ahli dalam industri ini.

Nota kesepahaman kerja sama ditandatangani Wakil Rektor ITB Prof Dr Hasanuddin Z Abidin dan Director and Chief Whosale and Infrastructur Officer Indosat Fadzri Sentosa di Gedung Rektorat ITB Jalan Tamansari Kota Bandung, Jabar, Sabtu.

"Kerjasama kemitraan ini akan menjadi kolaborasi yang positif dan efektif dalam pengembangan dunia aplikasi mobile bagi dunia kampus dan generasi muda pada umumnya," kata Fadzri Sentosa.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk mengembangkan inovasi aplikasi, informasi, penelitian jaringan serta memunculkan ahli-ahli dalam industri dan teknologi mobile yang dapat menciptakan nilai tambah bagi dunia kampus dan masyarakat luas.

Rencananya, kedua institusi akan mengimplementasikan pendirian Indosat Innovation Lab di Kota Kembang. Fasilitas itu sebagai program dalam mengembangkan sistem inkubasi untuk membantu para pengembang aplikasi dan inovator muda.

"Selain itu memberikan wadah bagi mereka untuk berieksperimen dan berdiskusi secara intensif." kata Fadzri.

Laboratorium diharapkan menjadi pusat pertemuan para inovator muda dalam bereksperimen, mengembangkan aplikasi bagi perangkat handset yang beredar di pasar.

Fasilitas itu akan dilengkapi dengan ruang demo, ruang seminar, ruang pengembangan serta dilengkapi dengan akses broadband HSPA+42 Mbps.

Kerja sama akan diperluas dengan berbagai program atau inisiatif bidang aplilasi mobile pada program pascasarjana mengenai inovasi dalam teori aplikasi mobile, konsep dan arsitektur serta optimalisasi jaringan.

Kemudian memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapat pengalaman dalam industri melalui program magang. Selain itu juga program kerja sama riset dan inovasi antara dosen dengan perusahaan operator selular.

Sementara Wakil Rektor ITB Bidang Komunikasi, Kemahasiswaan dan Alumni Hasanuddin Z Abidin menyebutkan bahwa nota kesepahaman ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk pengembangan inovasi yang disinergiskan dengan program-program strategis ITB.

"ITB banyak program yang akan dikembangkan pada 2011 dan tahun-tahun mendatang. Ini merupakan kerjasama ketiga dengan Indosat," kata Hasanuddin.

No comments:

Post a Comment