Sunday, January 2, 2011

KOPAS HARUS MENGIKUTKAN NAMA PEMBUAT HOST NYA

HBA

Ini bukanlah artikel untuk menyindir atau melapor atau apa. Ini murni hanya sekedar curhat. Saya merasa sayang saja, mengapa masih ada saja blogger yang tak mau menghargai karya sesama blogger yang lain dengan melakukan KOPAS tanpa melaksanakan etika kopas, yaitu minta ijin terlebih dahulu atau minimal menyertakan sumber tulisan.

Sebenarnya tindakan kopas mengkopas bukanlah hal baru di dunia perbloggeran, hampir semua blogger pasti perbah mengkopas, mengutip atau apalah istilahnya. Tinggal kembali kepada blogger itu sendiri, mau menghargai gak sama pemilik artikel yang dikopas tadi. Ada yang main kopas seenaknya tanpa menyertakan link sumber, atau minimal menyebutkan nama blognya lah! Ada yang menunggu dapat ijin dulu sama si empunya artikel dan disertai linkback. Dan mungkin masih ada perlakuan yang lain. Itu sih hak masing-masing orang.

Dan dalam kontes seo seperti Toyota SEO Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia ini pun tak luput dari aksi para kopasholic. Seperti yang saya alami pada artikel yang sedang saya ikutkan kontes Toyota seo award Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia ini. 100% dikopas, baik itu dipasang di blog dummy, iklan baris tanpa daftar, dan lain-lain dengan menyertakan link ke blog utamanya agar posisi SERPnya terangkat (mungkin). Meskipun saya tahu orangnya, tapi tak etislah jika disebut di sini. Boro-boro menyertakan linkback, menyertakan asal tulisan saja tidak hehe.. Tapi, ya sutralah.. Padahal artikel itu belum 100% jadi, alias masih dalam tahap editing :P

Saya gak tahu apa motif aslinya. Apakah karena tertarik dengan isi artikel saya, ingin menjatuhkan, atau motif yang lain. Yang jelas sangat disayangkan. Meskipun mungkin artikel yang saya tulis tak berkualitas, jelek, dan tak bermanfaat setidaknya dihargailah sedikit. Saya malah lebih suka kalau ada yang ngasih komen kritikan hey artikel kamu jelek banget dasar orang tak berpendidikan asal saja menulis. Itu lebih baik karena saya sadar memang gak ada background seorang penulis. Tapi saya selalu belajar agar bisa menulis yang baik.

Mungkin mencuri ide posting akan lebih baik daripada harus kopas 100%. Setidaknya meskipun kurang bagus itu hasil karya sendiri. Atau mengutip sebagian isi dengan menyertakan sumber itu juga lebih baik. Tapi hal ini tak akan mengurangi semangat saya dalam mengikuti kontes seo toyota seo award 2010 dengan kata kunci Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia. Meskipun sebenarnya hanya ingin meramaikan saja. Tapi, kalau beruntung bisa masuk 10 besar google dan yahoo ya alhamdulillah

No comments:

Post a Comment